Kamar tidur tidak hanya sebagai tempat untuk tidur, namun juga menjadi tempat untuk bersantai dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Selain itu, dari kamar tidur inilah romantisme sepasang suami istri akan terbangun.

Tak ada salahnya bila interior ruangan tidur lebih diperhatikan untuk kehidupan cinta yang lebih sehat dan demi kenyamanan suami istri. Berikut ini tips menata kamar tidur, seperti dilansir dari Weddingku.

Nuansa Warna Dinding
Dengan memperhatikan luasnya ruangan, warna dinding dipilih sesuai dengan kesepakatan suami istri dengan menambahkan tekstur dan dimensi tertentu melalui efek-efek pengecatan atau penggunaan wall paper tertentu. Warna-warna hangat yang netral dapat menjadi pilihan lain selain warna putih. Anda juga dapat memadukan 2 hingga 4 warna sekaligus untuk menciptakan efek tertentu, seperti variasi biru, merah muda, hijau dan cokelat.

Perabotan
Meski ruangan berukuran besar bukan berarti Anda dapat menyesakkannya dengan perabotan yang kecil-kecil dan berjumlah banyak. Pada akhirnya, ruangan akan terlihat sumpek dan sulit untuk diatur. Pilihlah perabotan yang sesuai dengan memperhatikan besarnya ruangan. Bila memungkinkan, sediakan satu unit perabotan yang dapat menampung berbagai kebutuhan Anda berdua. Begitu juga dengan pemilihan tempat tidur atau springbed yang tidak perlu dipaksakan harus berukuran King Size bila ruangan kamar tidak memungkinkan.

Lampu Kamar
Kamar yang baik tentunya mendapatkan penerangan yang cukup pada pagi dan siang hari dengan memanfaatkan cahaya matahari dan menyediakan beberapa lampu yang cukup dengan masing-masing fungsinya. Kini tersedia lampu-lampu berteknologi yang dapat diatur intensitas cahayanya. Lampu bercahaya terang bermanfaat mencari barang-barang yang dibutuhkan. Sedangkan lampu bercahaya redup akan membangkitkan romantisme ketika malam tiba. Terkadang, lampu meja sudah mencukupi kebutuhan ruang tidur sebagai tempat istirahat.

Karpet
Penggunaan karpet atau permadani akan memperindah tampilan kamar tidur. Pilihlah permadani dengan warna yang senada dengan warna dinding atau seprei akan memberikan nuansa kehangatan ruangan. Perlu diperhatikan akan kebersihannya karena ruangan yang lebih sering ‘terbuka’ memungkinkan banyaknya debu yang masuk ke ruangan.

Aroma dan Suara
Kedua unsur ini memegang peranan penting dalam meningkatkan romantisme dan kenyamanan ruangan tidur. Aroma-aroma tertentu bahkan dipercaya dapat membangkitkan gairah seks pria maupun wanita. Lebih sederhananya lagi, gunakan pewangi pakaian atau menggunakan pembakaran aroma therapy dengan memvariasikan minyaknya. Untuk memanjakan indera pendengaran, Anda dapat memanfaatkan berbagai teknologi terbaru untuk menghadirkan musik yang Anda berdua sukai.

Seprei dan Bed Cover
Permukaan yang paling banyak terekspos begitu memasuki sebuah kamar tidur adalah permukaan tempat tidur. Dengan memilih motif dan warna seprei serta bed cover yang tepat, tugas Anda menciptakan kamar tidur yang romantis sudah terselesaikan sebagian. Pilihlah seprei dan bed cover dari bahan-bahan katun dengan variasi warna polos, bermotif atau perpaduan keduanya. Bila ingin menjaga kualitas permukaan tempat tidur Anda, lapisi dengan lapisan khusus tempat tidur agar tidak tercipta noda pada springbed yang terkadang menimbulkan bau tertentu dan mempengaruhi kesehatan.